Home / Reportase / Susah Submit di Viva?

Susah Submit di Viva?

Blogger Viva

Susah Submit di Viva? – Sejujurnya, itulah hal yang berputar-putar di kepala saya dan seorang sahabat blogger saat mendapat undangan untuk menghadiri Event Nonton Bareng Derby Match Manchester City versus Manchester United yang diadakan oleh viva.co.id dan AsiaBagus, Minggu 25 Oktober silam.

Ketika bertukar sapa dengan Mbak Christine dan Mas Des yang super ramah dan sangat friendly itu pun, masih ketakutan yang sama menghinggapi jiwa ini (jiaaah..). Itu sebabnya, ketika Mbak Christine bertanya, “Sudah pernah submit blognya di Viva belum?” kami serentak langsung menjawab, “Beluuum, katanya susah sih, Mbak!”

“Lho, susah kata siapa?” Tukas Mas Des.

“Kata orang-orang sih, dari yang aku baca di postingan beberapa teman. Konon kabarnya yang diloloskan oleh admin hanya tulisan dari blogger yang itu-itu saja. Biasanya yang punya kedekatan pribadi dengan adminnya,” tutur saya polos, sepolos hati dan wajah saya :).

Dengan senyumnya yang khas, Mbak Christine langsung menangkis praduga kami itu. “Itu cuma ketakutan kalian aja. Nggak seperti itu kok. Siapa aja bisa. Kalau nggak percaya, silakan dicoba nanti ya, submit tulisan. Kalau nggak berhasil, kontak saya atau Mas Des ini. Biar kami urus.”

Oow, saya langsung tersipu malu. Ya, kadang-kadang ketakutan terlalu menguasai hati dan pikiran kita sehingga alih-alih berani maju, kita malah diam di tempat atau bahkan mundur teratur. Sampai detik ini, saya belum pernah membuktikan hasil pemikiran saya itu, bahwa benar, hanya blogger-blogger tertentu yang memiliki kedekatan pribadi dengan adminlah yang tulisannya disetujui.  Sejujurnya, saya jadi malu, sungguh malu. Blogger dan Penulis macam apa saya ini, belum apa-apa, belum mencoba melangkah sama sekali, kok sudah berani mengambil keputusan sepihak?

“Kalian tahu tidak, dalam sehari kami biasa menyetujui 100 postingan, sementara yang biasanya submit ada sekitar 300 orang. dari 300 orang itu, yang benar-benar konsisten mungkin hanya beberapa yang paling rajin tiap hari submit.” jelas Mbak Christine lebih lanjut.

Saya hanya mampu manggut-manggut sambil menggigit lontong, sepotong demi sepotong.

Akhirnya, sambil menunggu Kick Off Derby dimulai, ketika para pendukung masing-masing team mulai berdatangan, kami asyik berdiskusi soal mensubmit postingan di viva.co.id.

Jadi, dari hasil percakapan malam itu, saya bisa mengambil kesimpulan bahwa postingan blog yang sering ditolak oleh viva biasanya karena:

  1. COPAS. ini harga mati. Postingan blog yang isinya copy paste sudah pasti akan tersingkir oleh admin Viva. Jadi buat kamu-kamu yang merasa bahwa postinganmu isinya cuma copas, silakan dibaca ulang dan luangkan waktu untuk melakukan rewrite ya …
  2. SPAM. Banyak blog yang disubmit ke Viva, yang menjadi bagian dari ratusan submit setiap harinya adalah SPAM alias sampah. Yang begini-begini ini biasanya sudah pasti akan langsung dibuang oleh admin.

Jadi, selama artikel yang akan kamu submit tidak berisikan dua hal tersebut di atas, rasanya masih ada banyak kemungkinan suatu saat nanti tulisanmu lolos kualifikasi admin Viva.co.id.

Nah, kalau kamu sudah pede tulisanmu tidak copas dan bukan Spam, what’s next? Selanjutnya, tinggal kamu ikuti saja tahapan-tahapan untuk mensubmit artikelmu. Saya kasih bocoran beberapa diantaranya ya ….

  1. Pasang I-FRAME. I-frame adalah kode HTML Viva.co.id yang bakal kamu temukan kalau kamu membuka viva.co.id. Dengan memasang i-frame di blog kamu, memungkinkan artikelmu memiliki kesempatan lebih besar untuk lolos.
  2. Pilih Postingan yang bakal kamu submit ke Viva. Postingan artikelmu itu sebaiknya haruslah artikel yang unik, menarik, mengundang perhatian netizen, karena makin unik dan menarik artikel kamu, kemungkinan lolos pun jadi makin besar.
  3. Ketika hendak memosting artikel, di layar komputer kita bakal muncul semacam formulir yang harus diisi. Isilah selengkap mungkin.
  4. klik SUBMIT
  5. Duduk manis menunggu kabar apakah artikel kamu diloloskan oleh Viva.co.id atau tidak.

 

Kode I-Frame yang harus dipasang di blog/website kamu (Foto Doc Pribadi)
Kode I-Frame yang harus dipasang di blog/website kamu (Foto Doc Pribadi)

 

Submit Blog Kamu (Foto Doc Pribadi)
Submit Blog Kamu (Foto Doc Pribadi)

Jika tulisan kamu diterbitkan oleh Viva, kamu akan menerima pemberitahuan via email. Kalau tidak, jangan lantas putus asa dan jadi malas kirim lagi ke Viva, apalagi pakai alasan seperti saya, “Takut .. nanti nggak diapprove!”.

Setiap tulisan, akan menemukan takdirnya sendiri. Jika tidak sekarang, mungkin nanti. Jika bukan di Viva, mungkin di tempat lain. Jika tidak lolos di kesempatan pertama, bisa jadi di kesempatan ke sepuluh, sebelas, dan seterusnya, adalah milik kita.

badge

Wuiih, obrolan panjang bersama Mbak Christine dan Mas Des ditingkahi oleh celoteh santai Mas Syahdan rupanya sudah memberi saya sangat banyak pengetahuan baru malam itu. Saya merasa sangat beruntung, dan tentu saja akan mencoba peruntungan saya menyubmit salah satu artikel ke viva.co.id.

 

 

About LygiaPecanduhujan

Check Also

dfrsrv

3 Kunci Buat Acara Nobar Kamu Sukses

Lygiapecanduhujan.com – Acara nobar biasanya dibuat oleh salah satu cafe untuk menarik pengunjung. Tujuan lainnya …

One comment

  1. Terima kasih resepnya Neng Gya. Sampai sekarang saya belum tembus viva sih….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *