Home / Uncategorized / Prosedur Pemeriksaan Alat Elektronik di Security Check Bandara

Prosedur Pemeriksaan Alat Elektronik di Security Check Bandara

Lygiapecanduhujan.com – Beberapa waktu lalu sempat beredar kabar bahwa laptop dan beberapa benda elektronik lainnya tidak boleh dibawa ke dalam kabin. Hal ini tentunya membuat resah, sebab laptop bagi beberapa orang sangat penting. Di dalam laptop pasti banyak hal yang dibutuhkan seseorang, termasuk berkas-berkas penting untuk urusan bisnis, keperluan tugas dan lain sebagainya yang memang harus dibawa saat berpegian. Namun ternyata kabar terbaru menyebutkan bahwa penumpang boleh membawa laptop dan alat elektronik lainnya ke dalam kabin. Namun ada prosedur pemeriksaan barang elektronik di security check bandara yang harus dilalui. Berikut ini adalah beberapa ketentuan membawa alat elektronik ketika akan naik pesawat :

Ketentuan Pemeriksaan

Saat penumpang hendak membawa laptop, mereka harus terlebih dahulu memperbolehkan security check bandara untuk melakukan pemindaian perangkat elektronik tersebut. Tentu saja semua proses pemeriksaan tersebut sudah memiliki pedomannya sehingga wajib dilakukan demi keselamatan bersama. Ketentuan pertama berasal dari Surat Keputusan Dirjen Perhubungan Udara no. SKEP/ 2765/ XII/ 2010 tentang Tata Cara Pemeriksaan Keamanan Penumpang, Personel Pesawat Udara dan Barang Bawaan yang Diangkut dengan Pesawat Udara dan Orang Perseorangan. Dalam pasal 23 butir B, poin 3 dikatakan bahwa laptop beserta benda elektronik lainnya harus dikeluarkan dari bagasi maupun tas agar bisa diperiksa melalui mesin pemindai.

Ketentuan yang kedua berasal dari Surat Edaran Dirjen Perhubungan Udara no. SE.6 Tahun 2016 yang kurang lebih berisi sama yaitu tentang pemastian barang elektronik dan juga latop harus dikeluarkan dari bagasi maupun tas yang hendak di bawa ke dalam kabin dan harus lolos pemeriksaan mesin x-ray.

Pemeriksaan Manual

Jika saat pemeriksaan operator mesin x-ray masih belum yakin dengan keamanan dari laptop serta barang elektronik yang Anda bawa, maka akan dilakukan pemeriksaan manual. Jangan khawatir, pemeriksaan semacam ini dilakukan juga sesuai dengan prosedur dan dilakukan bersama dengan pemilik barang. Langkah dalam pemeriksaan manual tersebut adalah sebagai berikut:

8688

Pertama, sebagai pemilik barang, Anda lah yang harus menghidupkan perangkat elektronik yang dicurigai tersebut. Untuk pengoperasian perangkat elektronik tersebut juga Anda yang akan melakukannya, dengan beberapa instruksi dari petugas keamanan yang memandu.

Kedua, petugas bandara yang memeriksa perangkat elektronik milik Anda tersebut hanya akan melihat dan mengawasi setiap kegiatan dan menganalisanya. Terkait dengan peraturan tersebut, maka Anda tidak perlu bingung jika diharuskan mengeluarkan barang elektronik, termasuk laptop, untuk diperiksa dengan mesin x-ray. Sebab, hal ini memang sudah menjadi ketetapan yang berlaku di seluruh bandara, baik untuk penerbangan luar negeri maupun domestik. Jika sudah lolos pemeriksaan, maka Anda boleh membawanya ke dalam kabin, atau masuk ke dalam bagasi yang sudah tercatat.

Namun ingat, jika Anda akan memasukkan laptop dan perangkat elektronik ke dalam bagasi, pastikan Anda sudah mengemasnya dengan aman. Sebab Anda tidak bisa memastikan kondisi seperti apa yang terjadi di tempat bagasi pesawat. Koper milik Anda bisa saja terhimpit oleh koper dan barang bawaan dari penumpang lain. Jadi daripada rusak, kemaslah laptop dengan benar.

Pengecualian

Ada beberapa  kasus security check bandara tidak memperbolehkan membawa laptop ke dalam kabin dan harus memasukkannya ke dalam bagasi. Hal ini terkait dengan kebijakan Amerika Serikat terhadap penerbangan dari Afrika Utara dan Timur Tengah yang akan bertujuan ke Inggris dan Amerika Serikat. Jadi jika Anda terbang dari bandara di negara yang tersebut di atas dan akan menuju Amerika Serikat maupun Inggris, biasanya petugas akan mengeluarkan pengumuman terkait penempatan perangkat elektronik yang Anda bawa. (Lygia)

About LygiaPecanduhujan

Check Also

posting1

Cara Enak Anak Bermain di Musim Penghujan

lygiapecanduhujan.com – Hi, Moms, tentunya sudah tau dong ya kalau sekarang di Indonesia sudah masuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *