Home / Hot news / Menjadi Wirausaha Muda Mandiri 2016: Meningkatkan Kualitas Diri & Usaha yang Digeluti

Menjadi Wirausaha Muda Mandiri 2016: Meningkatkan Kualitas Diri & Usaha yang Digeluti

Untuk menjadi sebuah negara yang maju, Indonesia membutuhkan minimal 2 % pengusaha dari total keseluruhan populasi rakyat Indonesia.  Namun nyatanya, survey membuktikan bahwa jumlah pengusaha di Indonesia terutama di generasi muda masih sangat jauh dari angka tersebut. Ada banyak hal dan alasan yang melatarbelakanginya. Nah, Indonesia, pada tahun 2013 baru memiliki sekitar 1,65% Wirausahawan dan itu masih sangat kurang untuk bisa disebut sebagai negara maju. Ini adalah masalah mental dan Budaya

Mental, budaya, dan prilaku menjadi salah satu alasan tersebut. Banyak generasi muda Indonesia yang takut untuk memulai menjadi pengusaha dan berwirausaha, berdiri di atas kakinya sendiri. Mereka tidak ingin mengambil resiko karena terlalu takut dengan akibat yang mungkin belum terjadi. Misalnya, mereka takut rugi dan harus kehilangan modal yang cukup besar.

wmm-gerobak-kite
Karenanya, banyak dari generasi muda Indonesia khususnya yang memilih jalan “aman” setelah selesai dalam pendidikannya. Melamar kerja sebagai karyawan di perusahaan swasta dengan iming-iming gaji besar, atau menjadi Pegawai Negeri Sipil dengan jaminan uang pensiun yang lumayan untuk di masa tua nantinya. Menjadi wirausahawan? Hanya dilakukan sebagai solusi terakhir jika pekerjaan gagal didapatkan.

Tapi, bukankah kita tidak akan bisa menjadi lebih sukses dalam hidup jika kita tidak berani mencoba keluar dari zona nyaman dan memilih menggantungkan hidup pada diri sendiri? Kenapa tidak mencoba untuk belajar jadi wirausaha? Seru lho, selain bisa melakukan banyak hal sesuai passion, kita juga bisa jadi sukses tanpa mengandalkan gaji bulanan sebagai karyawan.

“Bagaimana caranya? Saya sama sekali tidak punya modal. Saya bingung mau usaha apa ya, kayaknya semua usaha sudah ada yang buat deh. Kalau saya usaha, terus rugi gimana?” begitu pertanyaan dan pernyataan yang banyak dikeluarkan oleh mereka yang masih ragu untuk mencoba menjadi wirausahawan alias entrepreneur.

 

wmm-keik-pisang-villa-versi-2
Banyak jalan menuju ke Roma, banyak ide yang bisa dikembangkan untuk memulai berwirausaha. Banyak cara untuk belajar tentang menjadi entrepreneur sejati. Misalnya, dengan ikut kompetisi Wirausaha Muda Mandiri 2016 yang akan ditutup pendaftarannya 31 Desember 2016 ini.

Punya usaha yang sudah berjalan minimal satu tahun? Yuk ikutan, siapa tahu kompetisi yang diadakan oleh Bank Mandiri ini bisa menjadi pintu gerbangmu untuk menjadi entrepreneur sejati yang sukses dengan omzet luar biasa. Mau? Harus mau doong!

Memang apa sih kelebihannya dengan menjadi wirausahawan atau entrepreneur itu? Banyak! Nih beberapa diantaranya:

1.    Dapat melakukan apa yang disukai dengan hati senang.
2.    Keuntungan atau hasilnya tak terbatas
3.    Melatih mental baja dan jiwa kepemimpinan
4.    Dapat menciptakan perubahan
5.    Membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain
6.    Memberikan manfaat untuk masyarakat sekitar
7.    Mewujudkan mimpi-mimpi
8.    Waktu lebih fleksibel dan dapat diatur sesuai dengan kebutuhan

Program Wirausaha Muda Mandiri merupakan salah satu kontribusi Bank Mandiri bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang diwujudkan secara berkesinambungan dan fokus pada generasi muda yang merupakan generasi penerus bangsa. Melalui program WMM yang dimulai sejak tahun 2007, Bank Mandiri ingin mengajak generasi muda Indonesia menjadi generasi yang mandiri, yaitu generasi pencipta lapangan kerja yang tangguh dan mampu bersaing di era global. Program WMM dan juga diharapkan dapat berkontribusi dalam penciptaan ekosistem yang baik untuk tumbuh kembang wirausahawan di Indonesia.

wmm-resmi

Program Wirausaha Muda Mandiri ini mulai dilakukan oleh Bank Mandiri pada tahun 2007 berupa kompetisi wirausaha nasional yang bertujuan untuk mencari bibit pengusaha muda potensial yang akan turut  berperan dalam pengembangan kewirausahaan di Indonesia. Untuk program WMM di tahun 2016 ini, Bank Mandiri yang mengambil tagline “Muda, Inovatif, Peduli” mengajak dan mencari pengusaha muda yang kreatif dan inovatif dalam penciptaan produk dan jasa serta inovati dalam merumuskan strategi dan proses bisnis untuk memenangkan persaingan pasar.

Mulai tertarik? Kamu bisa mengintip segala informasi yang berkaitan dengan kompetisi Wirausaha Muda Mandiri 2016 ini di laman resminya yaitu wirausahamandiri.co.id di sini. Ada banyak hadiah yang bakal kamu dapatkan jika kamu lolos menjadi finalis dan akhirnya memenangkan kompetisi ini. Apa saja? Yuk intip:

Hadiah uang tunai senilai Rp. 50.000.000,- (dipotong pajak) untuk pemenang 1 di setiap kategori.
Hadiah uang tunai senilai Rp. 40.000.000,- (dipotong pajak) untuk pemenang 2 di setiap kategori.
Thropy WMM & serfitifikat untuk pemenang 1 dan 2 di setiap kategori.

Kesempatan mendapatkan program pendampingan usaha dari Bank Mandiri.
Kesempatan bergabung dengan WMM Forum.
Kompetisi WMM 2016 tidak dipungut biaya apapun (Gratis). Informasi resmi terkait program WMM 2016 dapat diakses di www.wirausahamandiri.co.id dan twitter @wrausahamandiri . Ayo, jangan lupa daftarkan dirimu sebelum tanggal 31 Desember 2016 yaaaaa!

wmm-sang-bintang-school-1

About LygiaPecanduhujan

Check Also

il_570xn-783471446_ltmm

[UBER BAGIAN 2]: uberMOTOR Siap MemBIRUkan Bandung!

Lygiapecanduhujan.com – Hi, Guys! Gue balik lagi nih, dengan informasi seputar Uber yang pastinya lebih …

3 comments

  1. Semoga tahun depan Evi bisa ikutan program ini. Minta doanya teh 🙂

  2. Buat sukses, memang harus meningkatkan potensi diri ya, Teh 😀

  3. semoga tahun depan bisa ikutan.. sekarang lagi proses jadi wirausaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *