Home / Uncategorized / JNE Keren, Bersaing Dengan Industri Ekonomi Kreatif

JNE Keren, Bersaing Dengan Industri Ekonomi Kreatif

www.lygiapecanduhujan.com –JNE Keren, Bersaing Dengan Industri Ekonomi Kreatif  

Pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia saat ini  mengalami kemajuan yang sangat pesat, terutama di dunia digital. Namun, harus diakui bahwa Indonesia masih tertinggal jauh di belakang negara-negara lain seperti China, misalnya dalam hal mendukung para pengusahanya. Hal ini terbukti dengan banyaknya produk-produk dari China yang diekspor ke berbagai negara dengan harga yang sangat murah. Bagaimana bisa? Bagaimana Indonesia mampu bersaing dengan pasar dunia?

JNE, adalah salah satu jasa ekspedisi di Indonesia yang selama ini mampu bergerak cepat mengikuti perkembangan jaman. Mereka sigap melirik sektor ekonomi kreatif yang sedang bergeliat. Dalam Kegiatan JNE Kumpul bareng Kawan Pers Nasional (JNE KEREN) beberapa waktu lalu di Bandung, VP of Marketing JNE, Eri Palgunadi menyebutkan bahwa ekonomi kreatif telah menjadi satu tren di tengah revolusi industri baik di saat ini maupun di masa yang akan datang. Ekonomi secara global akan semakin memiliki ketergantungan pada sektor ekonomi kreatif ini. Kegiatan FGD yang diadakan oleh JNE tersebut mengambil tema “Bersaing Secara Global dengan Ekonomi Kreatif”.

 

Lebih lanjut menurut Eri Palgunadi, sektor industri kreatif ini akan terus bertumbuh bersamaan dengan makin mudahnya teknologi informasi untuk memasarkan beragam produk hingga pada pasar global. Saat ini, JNE melakukan banyak pengiriman yang 50% diantaranya adalah merupakan sektor e-commerce. Untuk itu, JNE nantinya akan berperan lebih banyak lagi dengan menyelenggarakan program-program yang akan mendukung upaya ekonomi Kreatif Indonesia lebih menggeliat dan mampu bersaing dengan pasar global. Antara lain dengan menyeleksi produk industri kreatif untuk dikembangkan bekerjasama dengan beberapa marketplace dan nantinya akan diberi modal hingga 3 miliar rupiah.

Mengamini pendapat Eri Palgunadi, Kasubdit Pengembangan Kota Kreatif yaitu Slamet Aji Pamungkas menyebutkan bahwa tanda-tanda kekuatan ekonomi kreatif Indonesia mulai terlihat. Bekraf mencatat data bahwa ekspor  produk ekonomi kreatif Indonesia pada 2016 mengalami peningkatan 3,23 % menjadi USD 20 miliar dibanding dengan realisasi 2015.

Slamet Aji merasa positif, Ke depannya nanti, ekspor produk ekonomi kreatif bisa meningkat menjadi USD 40 miliar – USD 60 miliar jika ada dukungan kebijakan ekspor yang optimal. Kebijakan peningkatan ekspor ekonomi kreatif tersebut merupakan jawaban untuk memperbaiki neraca perdagangan yang mengalami defisit akibat lonjakan impor.

 

Foto By: Noniq.co

JNE Keren yang diadakan di Hotel Mercure, Bandung ini diisi juga oleh beberapa pemateri lainnya seperti Setijadi (Chairman Supply Chain Indonesia), dan Rimma Bawazier (Entrepreneur Fashion) yang berbagi kisah inspiratifnya merintis usaha fashion dari NOL hingga memiliki mimpi untuk menguasai dunia fashion global.

Well, sukses terus JNE! Semoga makin banyak kiprah positif dalam upaya membantu pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia!

About LygiaPecanduhujan

Check Also

[UBER BAGIAN 2]: uberMOTOR Siap MemBIRUkan Bandung!

Lygiapecanduhujan.com – Hi, Guys! Gue balik lagi nih, dengan informasi seputar Uber yang pastinya lebih …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *