Home / Review / Faktor yang Mempengaruhi Besarnya Premi Asuransi Motor

Faktor yang Mempengaruhi Besarnya Premi Asuransi Motor

pentingnya memiliki asuransi kendaraan
pentingnya memiliki asuransi kendaraan

 

 

Kendaraan pribadi merupakan salah satu aset yang berharga bagi siapa saja sehingga perlu diberikan perlindungan secara total. Jenis perlindungan terhadap kendaraan pribadi tersebut ialah dengan memiliki asuransi motor maupun mobil sesuai dengan jenis kendaraan yang dimiliki. Ada banyak resiko yang terjadi pada kendaraan pribadi yang membuat pemilik merugi dari segi material. Tindakan pencurian, perusakan, kecelakaan, dan lain sebagainya menjadi salah satu bentuk pengeluaran besar yang cukup nyata.

 

Kendaraan bermotor maupun jenis mobil yang dimiliki memang sangat penting memiliki asuransi berkenaan dengan perlindungannya. Apabila sudah memiliki asuransi kendaraan maka berbagai resiko yang terjadi tidak akan menjadikan Anda merugi. Meskipun manfaat asuransi kendaraan sangat besar sayangnya tidak semua orang memiliki kesadaran yang cukup untuk memilikinya. Alasan biaya premi yang mahal menjadi kendala yang sering dikeluhkan oleh pemilik kendaraan. Keinginan untuk membeli asuransi sudah ada namun tidak disokong oleh kemampuan finansial yang dimiliki.

 

Pertimbangan premi sebelum membeli asuransi

 

Besarnya premi memang perlu dipertimbangkan secara matang mengingat premi ini perlu dibayarkan secara rutin dan tepat waktu. Sebagai pemilik kendaraan yang baik kita perlu memahami bahwa besarnya premi untuk kendaraan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor inilah yang perlu dicermati guna mendapatkan asuransi kendaraan yang memiliki premi mudah dijangkau. Ketika hendak membeli produk asuransi kendaraan perlu melihat apa saja yang mempengaruhi besarnya iuran premi ini. Berikut adalah beberapa diantaranya:

 

  1. Premi dipengaruhi oleh harga kendaraan dan jenisnya

Seperti yang kita ketahui bersama kendaraan dibedakan ke dalam beberapa jenis, mulai dari jenis truk dan bus, kendaraan non truk dan bus, dan juga jenis truk dan bus. Pemisahan jenis ini dilakukan untuk mempermudah menentukan bagian atau resiko mana dan apa saja yang akan tertanggung perusahaan asuransi. Harga beli dari kendaraan yang dimiliki pun ikut andil bagian dalam menentukan jumlah iuran premi yang dibebankan.Tanyakan dan kumpulkan informasi perusahaan mana yang menyediakan perhitungan asuransi kendaraan yang sesuai dengan pendapatan Anda.

 

  1. Menyesuaikan dengan wilayah pertanggungan

Kendaraan pribadi pastinya digunakan untuk memenuhi kebutuhan bepergian atau disebut mobilitas yang memungkinkan kendaraan tersebut berpindah tempat. Berbagai resiko yang bisa terjadi pada kendaraan tersebut oleh perusahaan asuransi akan disesuaikan dengan wilayah pertanggungan. Perbedaan wilayah juga akan menentukan berapa premi yang perlu dibayarkan sehingga tidak ditentukan secara sembarangan. Hal ini akan sejalan dengan berbagai kebutuhan untuk perbaikan jika ada kerusakan yang setiap daerah pun memiliki perbedaan harga jasa.

 

  1. Melihat usia dari kendaraan yang dimiliki

Aturan dan kebijakan asuransi kendaraan dengan asuransi kesehatan hampir sama, yakni besarnya premi dipengaruhi oleh usia. Ketika ingin mencari premi asuransi kendaraan yang murah maka sebaiknya membeli asuransi kendaraan saat mobil masih baru.Sebab semakin tua usia kendaraan maka biaya premi yang ditanggung akan semakin besar. Kondisi ini tentunya relevan mengingat kemungkinan rusak dari kendaraan yang sudah tua lebih besar dibandingkan mobil yang masih baru.

 

Setiap perusahaan asuransi menyediakan produk perlindungan kendaraan yang berbeda preminya sesuaidengan kebijakan perusahaan. Ketika hendak memilih premi yang terjangkau dengan tarif yang merakyat maka sebaiknya mengetahui ketentuan perhitungan premi. Secara umum semua perusahaan memiliki patokan yang sama seperti yang tersebut di atas dalam menentukan besarnya premi. Sehingga tidak mungkin Anda memilih asuransi mobil untuk kendaraan yang murah padahal kendaraan sudah tua dan sering masuk bengkel. Semoga bermanfaat!

About LygiaPecanduhujan

Check Also

cats

Mobil123.com: Cara Baru Jual-Beli Mobil dan Motor

Lygiapecanduhujan.com –  “Tahu nggak sih apa bedanya anak muda jaman dulu dengan anak muda jaman …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *