Home / Hot news / 13 Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Membeli Hardisk Eksternal

13 Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Membeli Hardisk Eksternal

Lygiapecanduhujan.com – Sebagai seorang penulis, blogger, buzzer/influencer, backpacker, dan pekerja sosial, aktivitas saya banyak sekali dihabiskan di depan laptop atau smartphone yang saya miliki. Pekerjaan saya kalau nggak bertemu dan berkomunikasi via medsos dan aplikasi chat dengan klien, ya foto-foto, mengolah data digital, menulis, baik itu menulis artikel, naskah buku, materi pelatihan, dan lain sebagainya. Tanpa sadar, kapasitas media penyimpanan yang ada di laptop dan smartphone saya pun kian lama kian menggunung.

Bayangkan saja, dalam satu kali aktivitas, saya bisa puluhan kali mengambil foto berukuran besar. Kalau dikumpulkan, selama bertahun-tahun, file-file saya ukurannya entah sudah berapa terabyte (TB). Belum lagi ditambah dengan koleksi musik dan film yang dimiliki. Wuidiiih, saya butuh ruang tambahan di laptop dan smartphone saya nih! Belum lagi, saya juga harus punya backup data supaya kalau terjadi apa-apa dengan laptop atau smartphone, masih ada cadangan data yang tersimpan rapi di tempat yang aman.

Untuk itulah, akhirnya saya memutuskan untuk membeli Hardisk Eksternal. Apa yang menjadi pertimbangan sahabat semua saat hendak membeli hardisk eksternal? Well, saya pernah beberapa kali membeli Hardisk Eksternal tanpa melakukan hal-hal yang seharusnya saya pertimbangkan dulu sebelum memutuskan untuk membelinya, sehingga ketika sampai di toko, saya pun kebingungan saat dihadapkan pada beragam pilihan jenisnya. Pilih yang mana? Apa bedanya yang ini dengan yang itu? Pffyuuh, galau tingkat dewa deh! Bisa dipastikan, akhirnya saya pun terpaksa menghabiskan waktu lebih lama di toko untuk memilah memilih, dan jelas bikin pegawai tokonya bete, xixixixi.

Untuk itu, di sini saya ingin berbagi tips tentang apa saja yang harus diketahui sebelum sahabat semua memutuskan untuk membeli sebuah hardisk eksternal. So, saat akhirnya hendak melakukan pembelian (baik membeli secara online ataupun offline), prosesnya dapat dilakukan dengan cepat, mudah, dan menyenangkan. #Apasih.

Oke deh, langsung saja ya saya bahas. Oh iya, untuk memudahkan, Hardisk Eksternal akan saya singkat menjadi EHD (External Hard Disk).

1.    Kompatibilitas
Pastikan, apakah EHD yang akan dibeli itu kompatibel dengan program yang sehari-hari kita gunakan. Apakah kita memakai laptop dengan sistem operasi Mac OS X atau Windows. Kedua sistem operasi ini menggunakan file sistem yang berbeda (HFS dan NTFS). Meskipun sebenarnya seluruh EHD bisa diformat ulang agar bisa bekerja untuk semua jenis komputer, namun ada juga yang hanya kompatibel dengan program tertentu saja.

2.    Kapasitas
Pastikan, kita tahu kebutuhan kita akan kapasitas EHD yang akan kita beli. Apakah kebanyakan file data yang akan kita simpan di EHD tersebut hanya dokumen biasa ataukah file berukuran besar seperti foto, musik, dan video.  Kalau kita cuma ingin membackup data dari laptop saja, ukuran EHD 500 Gb rasanya sudah cukup. Namun jika kelak dirasa akan banyak file besar lain yang ingin disimpan di sana, sepertinya bakal butuh ukuran EHD yang lebih besar semisal 1 Tb atau 2 Tb. Saya sendiri akhirnya memiliki EHD ukuran 1 dan 2 Tb. Sebagai perbandingan, saya berikan gambarnya ya ….

Musik Digital (MP3) Foto Digital* Video Digital Film Kualitas DVD
500 GB†† 8.330 jam 160.000 500 jam 125
1 TB 16.660 jam 320.000 1.000 jam 250
1,5 TB 24.990 jam 480.000 1.500 jam 375
2 TB 33.320 jam 640.000 2.000 jam 500

3.    Konektivitas
Kebanyakan EHD saat ini memakai port USB untuk bisa tersambung ke komputer. Ada dua jenis portnya yaitu USB 3.0 dan USB 2.0. sebaiknya, kita memilih EHD dengan port USB 3.0 karena kecepatannya sebesar 5 Gbps, jauh lebih cepat dari port USB 2.0 yang hanya sebesar 480 Mbps saja. jadi, sebelum membeli, pastikan dulu port USB mana yang digunakan oleh komputer kita.  Tapi jangan khawatir.  USB 3.0 juga bisa kok dipakai pada komputer yang hanya memiliki port USB 2.0.

4.    Kecepatan
Kadang kita heran kenapa sih kok mindahin data dari komputer ke EHD lamanya minta ampun? Ternyata hal itu tergantung dari transfer rate yang dimiliki oleh EHD tersebut. Pilih EHD dengan seek time 10 ms atau kurang, buffer size 4 Mb atau lebih, dan RPM minimal 5400 rpm, namun 7200rpm lebih disukai. Ada sih beberapa EHD keluaran terbaru yang memiliki kecepatan 10.00rpm namun harganya tentu jauh lebih mahal.

5.    Cache Space
Cache space ini adalah area khusus dari memory yang dibutuhkan saat EHD memindahkan data dari satu bagian ke bagian lainnya. Sebaiknya kita memilih EHD yang memiliki cache yang lebih besar. Dengan begitu, data yang dimiliki bisa ditransfer lebih cepat.

6.    Fitur
Jangan lupa, pilih EHD yang dilengkapi dengan fitur backup, recovery, dan password protection. Hal ini sangat bermanfaat saat file-file yang ada mengalami kerusakan atau data corrupt akibat mati lampu misalnya, ataupun akibat adanya virus. Dengan fitur recovery, data yang hilang atau rusak akan dapat dipulihkan kembali. Sedang password protection sangat bermanfaat jika anda tidak ingin data anda dibuka oleh orang lain yang tidak berkepentingan.

7.    Pelindung Hardisk
Kalau kita hanya ingin menggunakan EHD di rumah atau sekadar di bawa ke tempat yang aman misalnya ke sekolah atau kampus, maka cukup beli EHD dengan pelindung biasa saja karena harganya yang lebih murah. Tapi kalau kita senang traveling atau berpetualang, sebaiknya pilih EHD yang memiliki pelindung kuat dari bahan karet dan sejenisnya agar tidak mudah rusak saat terbentur atau terguncang-guncang.

8.    Harga
Saat ini di pasaran ada beragam harga EHD mulai dari yang paling murah hingga yang termahal. Semakin canggih EHD yang dipilih, pastinya harga akan melambung tinggi meski kapasitas atau ukuran yang dimilikinya sama. Kalau sudah berbicara harga, so pasti sesuaikan saja dengan budget yang kita miliki ya, dan (lagi-lagi) sesuaikan juga dengan kebutuhan kita akan EHD tersebut. Jangan sampai, kita tergiur dengan harga yang murah, namun ternyata kualitas dan spesifikasinya tidak sesuai dengan kebutuhan. Jangan khawatir, kalau ingin mengetahui daftar harga hardisk eksternal murah, kamu bisa cari di internet, kok

mmall

9.    Merk
Bisa dipastikan, kita bakal bingung kalau datang ke toko atau melihat-lihat di internet karena banyaknya merk yang beredar di pasaran. Sebaiknya sih beli saja EHD dengan merk yang sudah dikenal banyak orang karena kualitasnya sudah terbukti. Jangan beli EHD dengan merk abal-abal dengan iming-iming harga murah. Kalau ingin tahu daftar harga hardisk eksternal murah dengan merk yang bagus, kalian bisa intip juga di salah satu situs belanja online MatahariMall.com

10.    Garansi
Menurut saya, garansi adalah salah satu hal yang cukup penting saat memutuskan untuk membeli EHD. Karena, kita tidak pernah tahu kapan EHD tersebut akan rusak. Dengan adanya garansi yang panjang, kita nggak akan takut saat EHD yang dibeli mengalami kerusakan di luar kesalahan kita.

11.    After Sales
Nah, jika suatu saat EHD yang dibeli rusak, kemana kita harus memperbaikinya? Sebaiknya, carilah EHD yang memiliki pelayanan after sales. Jika kita membeli EHD dari produsen besar, tentunya kita bisa dengan mudah melakukan servis saat EHD tersebut rusak.

12.    Browsing
Sudah mempelajari segala hal yang berhubungan dengan EHD seperti yang dituliskan di atas tapi masih bingung menentukan pilihan? Sebaiknya jangan ragu untuk menggali banyak informasi dari internet. Yupz, cari tahu komentar atau pendapat tentang EHD yang sedang kita incar. Bisa dari review konsumen ataupun rekomendasi dari media dan lain sebagainya.

13. Ukuran EHD

Saat ini, kita bisa memilih ukuran EHD mau yang biasa/standar ataupun yang slim. Jika kita akan membawa EHD itu kemana-mana, sebaiknya pilih yang ukuran slim karena bobotnya yang lebih ringan daripada EHD dengan ukuran standar/biasa.

Demikian 13 hal yang menurut saya perlu sahabat semua ketahui sebelum memilih dan memutuskan untuk membeli External Hard Disk. Saat ini ada banyak pilihan tempat membeli EHD yang recommended, baik secara offline ataupun online. Tinggal pintar-pintar kitanya saja. Happy Shopping, Guys!

About LygiaPecanduhujan

Check Also

menjadi-wirausaha-muda-mandiri-2016_-meningkatkan-kualitas-diri-usaha-yang-digeluti

Menjadi Wirausaha Muda Mandiri 2016: Meningkatkan Kualitas Diri & Usaha yang Digeluti

Untuk menjadi sebuah negara yang maju, Indonesia membutuhkan minimal 2 % pengusaha dari total keseluruhan …

2 comments

  1. wah kebetulan lagi nyari hard disk eksternal. tfs infonya, yaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *